Serial Para Pencari Tuhan

Ketika bulan Ramadhan tiba, acara-acara TV penuh dengan aneka ragam acara yang bersifat Islami. Mulai dari ceramah, kuis sampai sinetron. Banyak juga sinetron-sinetron yang ditayangkan di bulan Ramadhan menampilkan cerita drama biasa yang basi, hanya saja di sana dibuat para pemainnya pakai peci dan kerudung, payah. Untung ada 1 sinetron Ramadhan yang sampai saat ini sudah sampai season 6 menemani saya berpuasa dan sepertinya selalu memiliki rating yang tinggi di setiap bulan Ramadhan datang, hampir mengalahkan rating acara Adzan Magrib :D. Tak terasa sudah 6 kali bulan Ramadhan sinetron religi ini hadir dan menghibur masyarakat. Sinetron yang sudah ditayangkan sejak 2007 ini berjudul Para Pencari Tuhan (PPT), dengan disutradarai oleh aktor kawakan Indonesia yaitu Dedi Mizwar, sinetron tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pembelajaran akan ajaran Islam tanpa terlalu menggurui. Ceritanya berkisah mengenai kehidupan masyarakat di suatu kampung yang rasanya tidak didefinisikan tempatnya di mana, kalau msalah tempat yang pasti syuting sinetron ini adalah di daerah Jati Asih, Bekasi :). Tokoh-tokoh utama pada sinetron Para Pencari Tuhan antara lain adalah:

1. Bang Jack (Deddy Mizwar) dan Ketiga Muridnya

Bang Jack adalah mantan narapidana yang sudah insyaf dan memutuskan untuk menjadi merbot (penjaga mushala) di Mushala At-Taufiq. Di sana ia memiliki 3 orang murid yang juga merupakan mantan narapidana. Ketiga murid Bang Jack adalah Chelsea (Melky Bajaj), Barong (Aden Bajaj) & Juki (Isa Bajaj). Ketiga anak muda ini sama-sama tidak memiliki tempat tinggal ketika baru bebas dari penjara. Akhirnya mereka bertiga tinggal di Mushala dan belajar lebih banyak mengenai Islam dari Bang Jack agar dapat membuka lembaran hidup baru yang jauh dari kelamnya masa lalu masing-masing.

2. Udin & Asrul

Udin (Uding Nganga) adalah satpam kampung yang sangat bangga dengan profesinya dan memiliki sifat yang ceplas ceplos dan polos. Udin memiliki sahabat yang bernama Asrul (Asrul Dahlan), seorang pria miskin yang memiliki banyak anak. Dahlan cenderung kurang cerdas & agak naif, sering saya lihat ucapan-ucapan si Dahlan ini agak muluk-muluk. Udin & Asrul adalah 2 sahabat yang selalu saling tolong menolong dan selalu bersama dalam suka dan duka, baik ketika Asrul menjadi kaya raya, maupun ketika Asrul bangkrut. Tingkah sepasang sahabat ini kadang mampu menggelitik perut saya 😀

3. Pak Jalal

Nah ini dia orang kaya yang sering membuat Udin & Asrul kesal. Jarwo Kuat telah berhasil memerankan karakter Pak Jalal dengan baik sekali. Tingkahnya yang kelewat sok kaya dan agak nyelekit bisa membuat saya tertawa terbahak-bahak. Meski akhirnya Pak Jalal sempat jatuh miskin, tapi teteep aja sifat sok kayak & gengsinya tidak bisa hilang XD

4. Trio RW

Ok, inilah primadona sinetron Para Pencari Tuhan. Tingkah penguasa kampung yang pengecut, korup, serakah & licik namun tolol dan sok tau ini adalah karakter yang membuat saya setia menonton sinetron tersebut setiap bulan Ramadhan :D. Pak RW (Idrus Madani) bersama dengan kedua pengikutnya yaitu Bendahara Kampung (Hakim Ahmad) & Pak RT (Joes Terpase) selalu memiliki rencana jahat untuk melakukan tindakan korupsi dan berbagai tindakan lain yang bertentangan dengan ajaran agama. Tidak seperti karakter antagonis di sinetron-sinetron lain yang pada umumnya rajin melotot dengan make up judes, karakter antagonis di sinetron ini jauh dari sifat menyebalkan, tapi justru jenaka, apalagi ketika rencana mereka gagal, Pak RW pasti bilang “nga nga nga .. nganu” atau “wedus” 😀

5. Ustad Ferry

Ustad Ferry (Akri Patrio) adalah ketua pengurus mushola tempat Bang Jack tinggal. Dengan pengetahuan agama yang matang, Ustad Ferry bahu membahu bekerja sama dengan Bang Jack dalam menyelesaikan permasalahan yang melanda kampung mereka.

6. Azzam, Kalila & Aya

Ini adalah 3 karakter yang kisahnya paling basi di sinetron ini. Ga seru, ga lucu, ganti chanel dulu aja mendingan :P. Kisah cinta segitiga antara Azzam (Agus Kuncoro), Kalila (Artta Ivano) & Aya (Zaskia Adya Mecca) cukup membosankan. Azzam & Aya adalah teman dari kecil yang pada akhirnya menikah. Di sela-sela lika liku percintaan Aya & Azzam, hadir Kalila sebagai orang ketiga. Kalila sebenarnya merupakan shabat Aya yang diam-diam suka dengan Azzam, yahh pukoke crita tentang mereka bertiga gitu-gitu ajah, kayak sinetron drama biasa.

7. Widya

Belakangan pada season 5 muncul karakter baru, yaitu Widya (Henidar Amroe) ibu dari Azzam yang berhasil memikat hati Bang Jack. Tidak seperti kisah cinta Azzam, Kalila & Aya yang menurut saya membosankan, perjuangan cinta Bang Jack cukup lucu. Usaha dan rayuan gombal Bang Jack sudah dilancarkan sejak season 5 namun sampai awal season 6 ini, rasanya hati ibunya Azzam ini masih belum dapat ditaklukkan. Terus berjuanglah Bang Jack! (^_^)/

Sinetron ini tayang pada saat sebelum imsak dan sesudah adzan Magrib. Kawan-kawan saya yang non muslim pun ada yang mengikuti cerita Para Pencari Tuhan karena ceritanya memang menarik dan lucu. Saya sendiri menjadikan sinetron ini sebagai tontonan wajib di bulan Ramadhan walau iklan dan sinekuisnya lamaaaaaaa bangedd, amit amit deh XD. Saya nilai, sinetron ini patut mendapat nilai 5 dari skala maksimal 5 yang artinya “Bagus Sekali”. Jarang sekali sinetron Indonesia yang saya beri nilai setinggi ini. Selamat menonton & selamat berpuasa bagi yang menjalankan. O:-)

Sumber: http://www.citrasinema.com

Iklan

4 thoughts on “Serial Para Pencari Tuhan

  1. Wah kalau menurut saya sih balik lagi ke selera masing2 orang yah gan,, kalo bwt saya, Aya-Azzam-Kalila itu justru salah satu dari yang paling menarik 😀 itu juga salah satu bagusnya PPT, karena mereka punya fokus2 karakter2 berbeda untuk beda2 orang juga. Saya ngga tau mas Alief udah berkeluarga apa belum,, tp saya dan suami kalau liat dialog2 Azzam dan Aya yang *khas gayanya Azzam dan Aya* itu, jadi suka merasa bisa relate dengan mereka, somehow. Meskipun kita samasekali nggak kyk mereka 😀 tapi satu-dua hal terasa relevan. Overall, yang bener2 menarik dari PPT ya jelas karakter2 dan pengembangannya betul2 jempol deh.

    Suka

    • klo aq udah kurang suka sejak season 1 pas azzam-aya masih blm nikah kayak skr, ga tau kenapa rasanya agak lebay aja, hehee. Tak apalah perbedaan itu bagai pelangi yg menghiasi dunia kok. Yg pasti menurut saya Serial PPT lebih baik & bermanfaat u/ ditonton ketimbang sinetron2 drama ga jelas :). 2 jempol dah buat sutradaranya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s