Uenake Bakmi Jawa Pak H. Minto

Bagi yang sering ke Yogyakarta atau kota-kota lain di Jawa Tengah tentunya sudah tidak asing lagi dengan bakmi Jawa. Bakmi Jawa Pak H. Minto adalah penjual bakmi Jawa yang sudah ada di Jakarta sejak tahun 1964, sudah lama sekali yaaa, sudah ada sebelum saya lahir. Restoran ini terletak di bagian depan area Stasiun Gondangdia, seberang bagian belakang Masjid Cut Mutiah, tepatnya di Jl. Cut Meutia (kelanjutan Jl. Johar) No. 1, Menteng, Jakarta Pusat (Stasiun Gondangdia). Pelayan dan koki restoran ini memakai seragam jadi ketika memasuki area Stasiun, jadi kita pasti bisa langsung tahu posisi restoran tersebut letaknya di mana.

Lokasi Bakmi Jawa Pak H. Minto

Tampak Dalam Bakmi Jawa Pak H. Minto

Bakmi Rebus

Bakmi Jawa Pak H. Minto buka pada sekitar pukul 4 sore sampai pukul 1 dini hari, bentuk restorannya kaki lima dan sederhana, yang membuat bakmi Jawa Pak Minto beda dengan yang lain adalah penggunaan kuah gulai tongseng pada menu-menu di restoran tersebut, selain itu pengunjung juga diberikan pilihan, mau pakai daging apa, mau kambing, ayam atau sapi. Menu-menu yang saya lihat sering dipesan di sana adalah tongseng, bakmi goreng, bakmi rebus dan nasi goreng. Bakmi rebus-nya khas bakmi Jawa sekali, kuahnya panas berwarna kuning menggugah selera, namun saya sendiri lebih senang dengan bakmi gorengnya. Rasa bakmi rebus-nya kurang “berani” walaupun banyak yang merekomendasikan untuk mencicipi bakmi rebus. Bakmi goreng-nya sendiri terasa manis dan rasa kuah gulai tongsengnya lebih terasa, apalagi kalau memesan bakmi goreng kambing, lebih mantab lagi. Secara garis besar, masakan di Bakmi Jawa Pak H. Minto layak mendapat nilai 3 dari skala maksimal 5 yang artinya “Lumayan”. Maem yuuuk 🙂

Mama Pao, Bakpao Tanpa Bahan Pemutih & Pengawet

Bakpao adalah makanan tradisional tionghoa yang artinya bungkusan daging. Kulit bakpao terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi sehingga mengembang. Sekarang ini, isi bakpao bukan hanya daging, namun beraneka ragam. Sejak kecil dulu saya sangat menggemari bakpao rasa ayam walaupun mayoritas orang-orang disekitar saya lebih doyan bakpao isi kacang hijau.

Bagian Depan Mama Pao

Mama Pao menjual aneka bakpao dengan isi yang beragam, mulai dari isi daging ayam, tausa, tuna, keju sampai kacang merah. Mama Pao berdiri di tahun 2005 di BSD City, warung bakpao ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1990 dengan nama bakpao Ramayana di Makassar. Saat ini Mama Pao dapat ditemui di:

  1. Ruko Golden Boulevard Blok E-11, BSD City, Serpong, Tangerang
  2. Jl. Nias Raya blok GN 5 No. 3, Jakarta Utara, 14240

Mama Pao Isi Ayam

Mama Pao Isi Tausa

Mama Pao Isi Kacang Merah

Mama Pao Isi Keju

Mama Pao Isi Tuna

Kulit bakpao-nya empuk & lembut, sementara itu isinya terasa mantab dan terbuat dari bahan-bahan KW 1 🙂 , namun sayang rasa isinya kurang berbumbu bagi saya, entah kenapa bakpao yang saya sering makan ketika kecil dulu rasanya lebih enak daripada Mama Pao. Oooh iya, ada 1 lagi keunggulan produk Mama Pao, yaitu bebas dari pemutih dan bahan pengawet, jadi Mama Pao cenderung lebih sehat dibanding beli bakpao di gerobak-gerobak pinggir jalan. Menurut saya, Mama Pao layak mendapat nilai 3 dari skala maksimum 5 yang artinya lumayan. Selamat mencoba kawan 🙂

Sedapnya Soto Betawi Pak H. Usman Ali

Kali ini saya akan membahas restoran Soto Betawi Pak H. Usman Ali yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Restoran ini terletak di Jalan WR Supratman RT. 02/ RW. 02, Pondok Ranji, Ciputat-Bintaro, Tangerang. Dari papan namanya, dapat kita lihat bahwa tempat ini hanya tutup setiap hari selasa. Walaupun keadaan restoran ini nampak sederhana namun saya lihat banyak mobil yang hilir mudik keluar masuk restoran ini, wah rame juga ternyata.

Soto Betawi Pak H. Usman Ali tidak hanya menyediakan soto betawi, di restoran ini ada menu-menu lain yang saya lihat banyak dipesan oleh para pengunjung. Menu-menu lain tersebut antara lain adalah soto ayam, pecel ayam, pecel lele, paru goreng, pepes ikan mas, sayur asam, daging empal, ayam bakar hingga lalapan.

Meskipun menyediakan aneka hidangan, menu unggulan di tempat ini adalah soto betawi, sesuai judul restorannya ;). Soto betawi di restoran ini memiliki kuah yang cukup gurih, paduan antara santan dan kuah dagingnya cukup ok. Ketika memesan soto betawi, pengunjung boleh memilih mau dimasukan daging, jeroan atau campur. Isinya cukup banyak dan menurut saya 1 mangkok soto betawi membutuhkan 2 porsi nasi, porsi nasinya agak sedikit. Lebih enak lagi kalau kita tambahkan kecap manis & sambal yang sudah tersedia di setiap meja. Jangan harap anda akan menemukan sambah yang pedas, sambalnya sama sekali tidak pedas XD.

Pada dasarnya saya cenderung senang makanan yang agak pedas dan saya juga memang bukan penggemar soto betawi, jadi walaupun Soto Betawi Pak H. Usman Ali  ramai dan sudah punya nama, menurut saya restoran ini hanya mendapat nilai 3 dari skala maksimal 5 yang artinya “Lumayan”. Restoran ini cocok sekali untuk orang-orang yang datang dalam keadaan lapar berat, mengapa saya bilang begitu? Karena pelayanannya cepat, jadi kita tidak terlalu lama menunggu datangnya makanan b(^_^)

Ngebakso di Bakso Kotak Palakali Yuk

Setiap melintas Perumnas 2 Bekasi, saya sering melihat 1 warung bakso yang penuhnya amit-amit jabang bayi (x_x), letaknya di hook, sebelah suatu supermarket. Saya tertarik untuk mencicipi, ada apa sih yang membuat tempat tersebut ramai? Nama warungnya Bakso Kotak Palakali, wah aneh-aneh saja, bakso yang biasanya bulat dibuat kotak.

Lokasi Bakso Kotak Palakali Bekasi

Keadaan di Dalam

Suasana di dalam tempat tersebut agak panas dan sumpek, agak sulit mencari tempat duduk, parkirannya juga susah :(. Menu yang disediakan adalah mie ayam, bakso kotak dan bakso urat. Bakso kotaknya saya akui memang lembut, mirip bakso gepeng tapi ada daging di bagian tengahnya. Konon awalnya pendiri warung ini, seorang mahasiswa Universitas Indonesia, memang terinspirasi oleh bakso gepeng yang sempat populer pada sekitar 2005 lalu, mungkin supaya beda yah, dia bikin kotak bentuknya :). Sementara itu ukuran bakso uratnya besarrrr sekali, cukup menggugah selera kalau melihatnya. Tapi kalau bicara soal rasa menurut saya rasanya biasa saja, tidak terlalu spesial. Bakso Kotak Palakali yang saya cicipi tersebut terletak di Jalan Gurame Perumnas 2 Bekasi, kalau dilihat di spanduknya ada cabang lain di Jalan Palakali Depok, saya sendiri belum pernah mengunjungi yang cabang Depok, entah sama penuhnya seperti yang Bekasi atau tidak.

Bakso Kotak

Bakso Urat

Menurut saya rasa makanan di Bakso Kotak Palakali cukup memperoleh nilai 3 dari skala nilai maksimum 5 yang artinya lumayan. Ini adalah penilaian pribadi saya yang bukan warga sekitar Perumnas 2, tapi kalau melihat kepadatan pengunjungnya, sepertinya rasa warung bakso ini cocok sekali dengan selera warga sekitar. 🙂

Bagol (Bakmi Golek), Tempat Ngumpulnya Keluarga

Bakmi Golek sudah ada sejak saya masih kecil, berdirinya sejak tahun 1984. Awalnya bakmi ini hanya ada di emperan Jalan Otista, kemudian lama kelamaan berhasil memiliki ruko kecil di jalan tersebut. Karena rasa masakannya digemari oleh banyak orang, maka restoran ini sering dipadati pengunjung. Sampai sekarang saja Bakmi Golek atau yang sering disingkat Bagol sudah punya lebih dari 5 cabang yaitu:

  1. Jl. Otto Iskandardinata (Otista) No. 458, Jakarta Timur.
  2. Jl. Dewi Sartika No. 310, Jakarta Timur.
  3. Jl. Kalimalang Raya No. 14A, Jakarta Timur.
  4. Jl. Paus Raya No. 12C, Jakarta Timur.
  5. Plaza Niaga 1 Blok A – 35 Sentul City, Bogor.
  6. Jl. Business Park No. 135 B, Lippo Cikarang.
  7. Jl. Alternatif Cibubur No. 380, Cibubur

Ketika pertama kali ke sana, saya tidak terkesan dengan rasa masakannya & agak heran, ko ya bisa penuh begini, pake tuyul apa narkoba ni restoran :P, waktu itu saya pesan mie ayamnya. Setelah mencoba makan ke sana lagi, ternyata yang cocok bagi lidah saya ini adalah mie gorengnya, maknyuss, kalau ibu saya senang nasi timnya, sedangkan om saya senang dengan bubur ayamnya. Wah wah beda-beda yah, ternyata walaupun judul restorannya Bakmi, rasa masakan lain selain bakmi juga lumayan enak, malah mie ayamnya menurut saya standard sekali. Kalau saya perhatikan, sebagian besar pengunjung Bagol adalah keluarga, mungkin mereka memilih ke sana karena tempatnya representative & pilihan menunya lumayan banyak.

Bubur Ayam Spesial

Mie Goreng Spesial

Bakmi Cah Daging Sapi

Bakmi Cah Daging Sapi

Nasi Sirem Seafood

Nasi Sirem Seafood

Bakmi Ayam Golek Spesial

Bakmi Ayam Golek Spesial

Nasi Tim Ayam

Nasi Tim Ayam

Mie Masak Ayam

Mie Masak Ayam

Saran saya, jangan ke sana pada saat malam minggu, penuh. Jalanan di depannya juga jadi ikut macet :(, loh ko jadi curhat :P. Menurut saya, secara garis besar rasa makanan di restoran ini layak mendapat nilai 4 dari skala maksimum 5 yang artinya “Enak”. Ayo rame-rame ke Bagol 🙂

Sensasi Kelezatan & Pedasnya Mie Aceh Pidie 2000

Bagi pecinta masakan pedas, Pidie 2000 bisa dibilang surga karena mie-nya benar-benar pedasss. Lidah saya sendiri lebih cocok dengan mie gorengnya, kalau mie rebus dan mie tumisnya saya tidak kuat, pedas sekali kuahnya. Mienya agak tebal-tebal, kemudian kita dapat memilih mau mie Aceh yang menggunakan seafood, daging atau campuran antara keduanya. Tidak lupa kita diberikan krupuk emping dan bawang yang cukup klop dijadikan pendamping makan mie. Selain mie Aceh, sebenarnya restoran ini juga menjual nasi goreng yang tentunya agak pedas juga, meski menurut saya pribadi tetap saja enakan mie-nya. Sambil menunggu pesanan datang, saya suka makan kue timpannya, rasanya mirip pisang, ga pedes kok, lumayan ok juga rasanya :D.

Mie Tumis

Pidie4

Nasi Goreng Khusus

Setahu saya, cabang Pidie 2000 ada 2 dan kedua-duanya terletak di Jalan Margonda, Depok. Letak cabang restoran ini adalah di daerah Pondok Cina seberang Margo City dan di dekat gapura selamat datang Depok. Bentuk restorannya memang sederhana & papan namanya agak pudar jadi untuk mencari posisi pastinya harus agak memicingkan mata.

Mie Goreng Khusus

Pidie5

Mie Rebus Khusus

Pidie6

Timpan

Karena saya suka pedasnya makanan di Pidie 2000, maka menurut saya makanan di restoran ini layak mendapat nilai 4 dari skala maksimal 5 yang artinya “Enak”. Suka mie Aceh yang super pedas? Silahkan datang ke pidie 2000.  🙂

Taken 2 (2012)

Akhirnya muncul juga sekuel dari Taken yang dibintangi oleh Om Liam Neeson. Pada Taken (2008) diceritakan bagaimana Bryan Mills (Liam Neeson) mengobrak-abrik orang-orang yang terlibat penculikan anaknya. Komplotan mafia Albania adalah salah satu yang dilabrak oleh Bryan, banyak anggota komplotan ini yang mati dibunuh Bryan. Nah pada Taken 2, mafia Albania melakukan aksi balas dendam. Mereka berniat menculik Bryan, anak Bryan dan mantan istri Bryan yang sedang berlibur ke Istambul. Pada awalnya Bryan dan mantan istri Bryan berhasil diculik, namun cerita tidak berakhir sampai di sana saja tentunya. Bryan tidak akan menyerah sebelum keluarganya selamat dari kejaran mafia Albania.

Sudah bisa ditebak, akan banyak adegan tembak-tembakan dan kejar-kejaran. Yang saya suka adalah bagaimana Bryan mampu memberikan tutorial bagi putrinya untuk menemukan dimana Bryan disandera. Akhir ceritanya juga cukup menarik, agak mengobati kemonotonan adegan kejar-kejaran di Istambul. Sepertinya film ini memang banyak sekali melakukan syuting di Istambul terutama area Blue Musque dan Gran Bazar. Menurut saya film ini cukup menarik dan tidak terlalu mengecewakan walaupun tidak spektekuler. Rasanya Taken 2 cukup pantas mendapat nilai 3 dari skala nilai maksimum 5 yang artinya “Lumayan”. Selamat menonton, sekarang sudah ada di bioskop tuh 🙂

Sumber: http://www.takenmovie.com

Nongkrong Sambil Makan Sushi di Sushi Miya8i

Nama restoran sushi yang satu ini cukup menarik perhatian sebab namanya mirip nama bintang JAV yang cukup beken di Indonesia, namun perlu dicermati bahwa nama restoran ini bukan Miyabi tapi Miya8i, ada angka 8-nya, biar hoki kali yah. selain itu Miyabi sebenarnya berarti megah dan saya lihat sudah dipakai sebagai nama oleh restoran lain di luar negeri.

Miya8i11

Tomasiro Dragon Roll

Seulawah Roll

Miya8i10

Tempura Udon

Miya8i9

Jumping Jack Flash

Miya8i12

Chicken Teriyaki, Tempura, Nasi, Miso & Salad

Menurut mbah Wikipedia, sushi adalah  makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging,sayuran mentah atau sudah dimasak. Nah sushi ini identik dengan seafood mentah dan bumbu Jepang yang haram. Sebagian besar isi dari sushi di Sushi Miya8i tidak mentah dan restoran ini tidak menggunakan bahan-bahan yang haram. Saya sendiri merasa aman makan di tempat ini karena tidak perlu khawatir salah makan makanan yang dilarang oleh agama saya. 😉

California Roll

California Roll

Tuna Nigiri

Tuna Nigiri

Volcano Mountain Roll

Volcano Mountain Roll

Green Soda

Green Soda

Ori Baked California Roll

Saat ini Sushi Miya8i telah hadir di:

  1. Jl. Haji Ahmad Dahlan No. 21, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
  2. Jl, Margonda Raya, Ruko Margonda Raya No. 417 Blok 5-6, Depok.
  3. Jl. Tebet Raya, Tebet, Jakarta Selatan.
  4. Jl. Kalimalang Raya, Duren Sawit, Jakarta Timur.
  5. Jl. Balap sepeda No. 8, Rawamangun, Jakarta Timur.
  6. Jl. Anggrek Cakra No. 01, Kemanggisan Jakarta Barat.

Dengan mengandalkan menu masakan Jepang yang beraneka ragam & tempat yang nyaman, cabang-cabangnya dipadati oleh pengunjung, dengar-dengar sih restoran ini milik selebritis sinetron gitu, tapi tak tahu ya siapa, saya bukan pemerhati setia sinetron Indonesia soalnya, hehee. Kalau soal rasa, memang masih kalah kalau jika dibandingkan dengan Sushi Tei, wasabi-nya kurang “nendang” juga, tapi kalau soal harga yaa menang Sushi Miya8i meski menurut saya semurah-murahnya sushi yaaa tetep aja lebih murah ayam goreng :P. Selain itu yang namanya sushi so pasti porsinya kecil untuk ukuran lambung saya, jadi yah kepaksa harus pesan 2 kalau mau kenyang X’D. Secara garis besar rasa makanan di restoran ini layak mendapat nilai 3 dari skala maksimum 5 yang artinya “Lumayan”.  食べましょう (ayo makan)