Noah (2014)

Noah 1

Beberapa bulan yang lalu, ada 1 film Hollywood yang tidak jadi masuk ke Indonesia karena tema dan ceritanya dapat memprovokasi pertikaian, Noah adalah judul filmnya. Kalau Jerman sensitif dengan isu Nazi, nah Indonesia itu sensitif dengan isu agama x__x. Noah (2014) mengambil nama Noah atau Nabi Nuh sebagai tokoh utamanya, nama yang kisahnya diceritakan pada Injil, Taurat dan Al Quran. Walaupun pada intinya sama-sama mengisahkan bagaimana Nabi Nuh membangun sebuah bahtera atau kapal besar untuk menyelamatkan berbagai mahluk hidup dari sebuah banjir besar, penafsiran dan detail urutan dari kisah tersebut dapat saja berbeda baik dimata Islam, Kristen maupun Yahudi.

Kisah pada Noah (2014) diinspirasi dari kisah Nabi Nuh, tidak 100% diambil dari kisah yang diyakini oleh salah satu agama atau aliran yang ada. Saya memilih untuk menganggap bahwa Noah (2014) adalah sebuah film fiksi, tidak ada hubungannya dengan cerita atau ajaran yang ada pada kitab suci agama saya :).

Pada Noah (2014), dikisahkan bagaimana Noah (Russell Crowe) menjalankan petunjuk dari Sang Pencipta untuk datang ke sebuah bukit yang tinggi dan membangun sebuah bahtera di sana. Bahtera atau perahu besar tersebut akan dipergunakan untuk berbagai hewan yang tak berdosa. Sang Pencipta akan mendatangkan banjir besar karena berbagai tindakan sebagian besar manusia yang semakin tidak bermoral. Tubal-Cain (Ray Winston) adalah seorang raja yang memerintah dengan kejam dan berusaha merebut bahtera yang Noah bangun.

Noah 9

Untungnya Noah tidak sendirian, ia dibantu oleh istri dan anak-anaknya serta kaum Watcher. Apa itu Watcher? Watcher adalah malaikat yang turun ke Bumi untuk membimbing nenek moyang manusia, Adam. Sayang, bukannya berterima kasih, beberapa keturunan Adam semakin sombong dan membantai kaum Watcher demi kekuasaan. Buyut Noah adalah salah satu manusia yang dahulu kala mati-matian membela kaum Watcher, hal inilah yang menjadi alasan kenapa kaum Watcher yang tersisa mau membantu Noah.

Noah 2

Noah 8 Noah 6 Noah 4 Noah 3

Diluar dugaan saya, cerita Noah (2014) tidak hanya berhenti sampai adegan dimana banjir besar datang. Masih ada drama setelah itu. Drama yang tidak menarik dan membosankan. Jalan ceritanya datar. Adegan perkelahian pada Noah (2014) pun kurang seru.

Russell Crowe as Noah Noah 5

Menurut saya Noah (2014) menggunakan nama dan potongan cerita yang berhubungan dengan beberapa kisah pada kitab suci beberapa agama demi popularitas, supaya orang-orang penasaran dan bersedia menonton Noah (2014). Nampaknya Noah (2014) terjebak dengan taktik tersebut karena saya lihat, Noah (2014) terkesan memaksakan agar potongan-potongan kisah yang ada pada kitab suci beberapa agama tersebut, banyak yang masuk ke dalam alur cerita Noah (2014) walaupun kisah-kisah tersebut kurang seru. Kalau mau membuat cerita tentang seorang Nabi yaaa jangan tanggung-tanggung, buatlah sebuah film tentang Nabi tersebut sesuai salah satu agama yang ada. Mas-mas produser dan sutradaranya takut pangsa pasarnya mengecil mungkin :’D.

Bagi saya pribadi, Noah (2014) adalah film tanggung yang membosankan dan tidak layak ditonton di bioskop. Film ini hanya layak mendapat nilai 2 dari skala maksimum 5 yang artinya “Kurang Bagus”.

Sumber: www.noahmovie.co.uk

Iklan

4 thoughts on “Noah (2014)

  1. yap.. bener banget! aku udah nonton filmnya..dapet dr temen sih. Emang nanggung banget ceritanya..Islam enggak..kristen pun gak. Gak pas sama versi manapun! Nabi itu kan tugasnya buat nyelamatin umat manusia. Masa dia galau gitu sih? aku nonton film itu karena penasaran apalagi ada Emma Watson. 😛
    lebih oke cerita Percy and Jackson deh

    Suka

    • Yup. Itu separo-paro ngambilnya. Kalau mau dibuat fantasy yg diilhami cerita Nabi Nuh yaaa buat aja yang heboh biar beda jauh sekalian, jangan terpenjara sama cerita2 Nabi Nuh yang ada. Hohohoho.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s